Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Chinese (Traditional) English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

SALURAN PENGADUAN

LAYANAN PUBLIK

 

Sampaikan keluhan dan saran terhadap layanan instansi ini beserta identitas anda pada:

 

DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jl. Undata No. 7

Telp. 0451 429379 Fax. 0451 421560

Palu 94111

Email: dkp@sulteng.go.id

Website: www.dkp.sulteng.go.id

 

partisipasi anda sangat berguna untuk peningkatan layanan publik

 

HARI NUSANTARA 2013 DIPUSATKAN DI PANTAI TALISE PDF Print E-mail
Written by DKP 2   
Thursday, 04 April 2013 00:34

Anjungan Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah, hampir dipastikan menjadi lokasi puncak acara perayaan nasional Hari Nusantara 2013 pada 13 Desember 2013 yang menurut rencana akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) Deddi H. Sutisna usai meninjau lokasi itu, Sabtu (30/3) menyebutkan bahwa tiga kriteria utama sudah terpenuhi yakni terletak di bibir pantai, merupakan pusat kegiatan masyarakat dan penataannya tidak mulai dari nol lagi karena sudah ada anjungan yang cukup luas.

Namun begitu, penetapan Anjungan Pantai Talise sebagai lokasi puncak perayaan nasional Hari Nusantara 2013 ini harus ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur dan Wali Kota Palu.

Setelah SK itu terbit, Dekin sebagai pemilik 'gawean' Hari Nusantara bersama dengan kementerian terkait akan mulai membangun sarana dan prasarana serta fasilitas yang dibutuhkan.

Menurut Deddi, ada dua kegiatan akbar terkait Hari Nusantara ini yakni puncak perayaan yang dihadiri Kepala Negara pada 13 Desember dan pencanangan Pekan Kesejahteraan Nelayan (PKN) yang dilaksanakan sehari puncak perayaan Hari Nusantara yang lokasinya sudah ditetapkan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Donggala, sekitar 30 kilometer dari Palu.

Dedi H. Sutisna dan timnya berkunjung ke Palu untuk meninjau lokasi-lokasi tersebut sekaligus sebagai pencanangan secara tidak kasat mata (soft opening) dimulainya berbagai kegiatan menyambut Hari Nusantara 2013.

Deddi juga telah bertemu Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola untuk membicarakan lebih mendalam terkait penyelenggaraan Hari Nusantara 2013 sekaligus persiapan penyelenggaraan Sail Tomini 2014.

Menurut dia, Sulawesi Tengah dipilih menjadi tuan rumah perayan nasional itu karena daerah ini merupakan provinsi yang memiliki perairan yang luas sehingga disebut sebagai provinsi kelautan.

Selain itu, karena ada permintaan dari Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang dinilai sangat visioner dalam membangun sektor kelautan dan perikanan bahkan telah menetapkan visi pemerintahannya yakni mensejajarkan Sulteng dengan provinsi maju melalui agrobisnis dan kelautan.

Pada perayaan Hari Nusantara 2012 di Lombok pada 17 Desember 2012, Gubernur Longki Djanggola menerima Satya Lencana Pembangunan dari Presiden yang disematkan Wapres Boediono karena prestasi Sulteng dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

"Dengan hal-hal itu, kami (Dewan Kelautan Indonesia) berbesar hati menetapkan Sulteng sebagai tuan rumah perayaan nasional Hari Nusantara 2013," ujar Dedy yang juga Staf Ahli Bidang Ekologi Menteri Kelautan dan Perikanan itu.

Tujuan utama perayaan Hari Nusantara setiap tahun, kata Dedi, adalah mengubah pola pikir (mindset) masyarakat dari yang selama ini berorieantasi pada agrobisnis ke orientasi kelautan dan perikanan karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut.

Ia menambahkan bahwa bobot utama perayaan Hari Nusantara tahun ini adalah pada pemberdayaan sektor kelautan dan perikanan dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Itu sebabnya, penanggung jawab Hari Nusantara 2013 di tingkat pusat adalah Menteri Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Marie Pangestu," ujarnya.

Soal thema nasional Hari Nusantara, Dedi mengatakan belum diputuskan namun sudah disiapkan konsepnya yakni: Lautku Ekonomiku, Bingkai Kreatif Pariwisata Nusantara. (Sumber : Antara Sulteng)

Last Updated on Thursday, 04 April 2013 00:38
 


Copyrigh © 2008 - 2012 Situs Resmi Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-2 Sejak online Tahun 2008